Kolaka, Antara Sultra - Universitas Negeri Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Sultra, membentuk tim tanggap darurat bencana dengan melibatkan beberapa unit kegiatan mahasiswa di kampus itu.

Rektor USN Kolaka Ashari usai melakukan peluncuran kegiatan itu, Selasa, mengatakan pembentukan tim tanggap bencana oleh mahasiswa ini melibatkan UKM Mapala, SAR, menwa, KSR serta himpunan mahasiswa program studi akademi perawat.

"Tim tanggap bencana mahasiswa ini dibentuk untuk melakukan kerja sosial di masyarakat dan juga membentu pemerintah setempat jika terjadi bencana Alam," katanya.

Anggaran yang dikucurkan kampus untuk tim tanggap bencana mahasiswa ini kata dia sebesar Rp150 juta sebagai dana operasional yang digunakan jika terjadi bencana.

Begitu juga dengan sekretariat tim tanggap bencana lanjut Ashari pihak kampus menyiapkan satu ruangan yang akan dijadikan posko induk serta membuat beberapa pelatihan dengan melibatkan lembaga di luar kampus.

"Kita akan siapkan posko untuk tim ini serta melakukan pelatihan bagi relawan dengan membuat latihan bersama," ungkap Ashari.

 Ashari juga menjelaskan tenaga relawan tanggap bencana USN akan dikirim ke daerah-daerah yang dilanda bencana baik skala regional maupun nasional.

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024