Kendari, Antara Sultra - Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), intens memantau kondisi harga dan ketersediaan sembilan bahan pokok di sejumlah pasar jelang Ramadhan di kota itu.

"Kami terus memantau sejumlah pasar tradisional yang ada di Kendari dan sejumlah distributor yang ada di kota ini untuk memastikan kondisi stok sembako," katanya di Kendari, Sabtu.

Dikatakan, pemantauan itu rutin dan ada tim yang turun langsung ke sejumlah pasar serta melaporkan kondisi perkembangan harga di pasar.

"Beberapa pasar tradisional yang dipantau di antaranya pasar Sentral Kendari, Pasar Baruga, Pasar Basah Mandonga, Pasar Lapulu dan Pasar Anduonohu," katanya.

Ia menegaskan, pemantauan rutin terhadap sembilan bahan pokok ini juga untuk memastikan bahwa harga masih stabil dan langkah awal untuk tindakan antisipasi jika terjadi lonjakan cukup signifikan.

"Selain itu, pemantauan harga sembako juga sekaligus mengawasi adanya penimbunan dan permainan harga dari oknum pedagang," katanya.

Menurut dia, sejauh ini kondisi harga sembilan bahan pokok pada sejumlah pasar masih dalam ambang batas wajar kendati terlihat ada sedikit kenaikan pada beberapa komoditas pokok.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024