Jakarta (Antara Sultra) - Mantan Ketua Dewan Pers Indonesia Prof Bagir Manan mengajak insan pers Indonesia menjaga kepercayaan dunia dalam menjalankan profesi kewartawanan.

"Penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah peringatan kebebasan pers tahun 2017 adalah bukti kepercayaan dunia terhadap pers Indonesia," kata Bagir Manan di Jakarta, Senin.

Setiap insan pers Indonesia dituntut terus menerus meningkatkan sumber daya manusia seiring sikap kritis masyarakat yang makin tinggi dewasa ini.

"Pers tidak boleh merasa pintar sendiri tetapi harus terus mengasah diri sehingga karya-karya pers yang dihasilkan disesuaikan harapan publik," katanya.

Berita bohong yang meresahkan publik di era digital merupakan ujian wartawan profesional yang bekerja berdasarkan Undang Undang Pers nomor 40 dan kode etik wartawan.

"Agar wartawan bekerja dalam tatanan yang benar maka jadikan UU Pers dan kode etik sebagai pedoman yang menjamin terselenggaranya pers bebas dan bertanggungjawab," ujarnya.

Ia mengharapkan organisasi kewartawanan, organisasi perusahaan media serta perusahaan pers yang mempekerjakan wartawan memperhatikan kesejahteraan wartawan.

Pewarta : Sarjono
Editor :
Copyright © ANTARA 2024