Kendari (Antara Sultra) - Pemerintah Kabupaten Buton Utara, berkomitmen untuk mengembangkan dan mempromosikan wisata budaya dan sejarah di daerah itu.

Bupati Buton Utara, Abu Hasan, di Kendari, Minggu, mengatakan pihaknya gencar melakukan promosi potensi wisata budaya dan sejarah yang cukup menjanjikan hingga mancanegara.

"Kearifan lokal masyarakat, khususnya seni dan budaya masyarakat harus digali sebagai aset pembangunan sosial kemasyarakatan," katanya.

Menurut bupati, nilai budaya leluhur sejak nenek moyang harus digali dan dilestarikan karena dapat berfungsi sebagai perekat kehidupan bermasyarakat.

"Sepintas budaya dan tradisi seni hanya hiburan tetapi terkandung makna sebagai kekayaan bangsa," katanya.

Untuk mendukung program itu, katahya, maka pemerintah daerah telah memprogramkan penguatan lembaga seni dan budaya masyarakat sehingga pengelolaannya lebih terarah dan menjadi mitra pemerintah.

"Beragam budaya, seni dan tradisi masyarakat yang punah karena tidak ada lembaga yang mengurus. Makanya, akan dibentuk lembaga sosial kemasyarakatan sebagai mitra pemerintah," katanya.

Disebutkan, salah satu obyek wisata bidaya di Buton Utara wisata sejarah yakni keraton Kulisusu yang menyimpan cerita menarik untuk generasi masa kini.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024