Kendari (Antara Sultra) - Pemerintah Kabupaten Buton Utara, berkomitmen mengembangkan sektor pariwisata sebagai salah satu sektor unggulan di daerah itu antara lain dengan membangun kampung wisata.

Bupati Buton Utara Abu Hasan di Kendari, Jumat, mengatakan, pihaknya merencanakan dan mendukung pembangunan dua kampung wisata untuk menarik wisatawan berkunjung ke daerah tersebut.

"Dua desa yang akan dijadikan kampung wisata adalah Desa Mandala dan Desa Nanua Jaya terletak di Kecamatan Kulisusu," katanya.

Ia mengatakan alasan memilih tempat itu sebagai kampung wisata karena panorama alamnya yang indah.

"Salah satu pendukung panorama alamnya adalah terdapat ratusan hektare hutan mangrove di kawasan itu," katanya.

Kondisi panorama alam yang indah katanya dipadu dengan kearifan lokal warga yang masih terpelihara sehingga diyakini mampu menarik minat wisatawan.

"Penetapan desa wisata ini merupakan salah satu bentuk implementasi keseriusan pemerintah daerah untuk mengembangkan sektor wisata yang bisa menjadi penggerak ekonomi warga dan daerah," katanya.

Selain desa wisata, katanya, pihaknya juga sedang membenahi sejumlah obyek wisata pantai yang ada di daerah tersebut, utamanya yang berada di sepanjang pantai utara Buton Utara.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024