Kendari, Antara Sultra - Pemilihan duta generasi berencana (Genre) yang dilaksanakan BKKBN menetapkan Ismoyo Ndosam kategori putra dan Nurhasanah Azis kategori putri sebagai duta mahasiswa Genre Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2017.

Kedua duta genre merupakan mahasiswa yang sama-sama berasal dari Universitas Halu Oleo (UHO) dan sama-sama mewakili Kolaka Timur tersebut berhasil menjadi yang terbaik dari 34 peserta putra dan 34 peserta putri.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sultra, Ali Ismail, di Kendari, Sabtu malam, saat memberikan sambutan malam puncak pemilihan duta tersebut mengatakan kegiatan pemilihan duta genre tersebut sudah dilakukan setiap tahun sejak 2010.

"Kegiatan tahunan, Pemilihan Duta Generasi Berencana Tingkat Provinsi Sultra Tahun 2017, sebagai salah satu bentuk pelaksanaan program GenRe di Sultra yang bertujuan untuk mensosialisasikan program Genre di kalangan mahasiswa dan remaja," katanya.

Ali berharap para Duta dapat menjadi figur teladan serta motifator di kalangan mahasiswa dan remaja lainnya untuk mewujudkan Generasi Berencana Sultra.

"Duta Genre adalah remaja dan pemuda yang memiliki pengetahuan, bersikap dan berperilaku sebagai remaja, namun penuh dengan perencanaan matang dalam menapaki masa depan," katanya.

Duta genre yang menjadi juara satu putra dan putri tersebut mampu bersaing pada pamilihan duta mahasiswa genre tingkat nasional pada Agustus 2017 di Jakarta.

Kegiatan itu dilaksanakan sejak 6-8 April yang diikuti 68 finalis dari benerapa perguruan tinggi dam sekolah yang ada di Sultra dan mewaliki 17 kabupaten kota.

Malam puncak penganugerahan duta genre Sultra tersebut dihadiri pula oleh ketua umum Ketua Umum koalisi Indonesia untuk kependudukan dan pembangunan, Sony Haridi Harmadi dan Sekretaris Umum Forum Antar Umat Beragama Peduli Keluarga Sejahtera dan Kependudukan (Fapsedu), Freddy Aritonang.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024