Kendari, Antara Sultra - Sebanyak 31 kelompok usaha bersama nelayan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), menerima bantuan peralatan perikanan tangkap.

"Kelompok nelayan tersebut tergabung dalam dua koperasi yakni Koperasi Egid Putra dan Koperasi Rahmat Illahi," kata kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kendari, Agus Salim Safarullah, usai penyerahan bantuan secara simbolis di pesisir Kelurahan Purirano Kendari, Sabtu.

Dikatakan, kekompok nelayan penerima bantuan itu berasal dari lima kecamatan pesisir yakni Kecamatan Nambo, Poasia, Abeli, Kendari, dan Kendari Barat.

Disebutkan, adapun bantuan perikanan tangkap yang diberikan adalah 18 kapal yakni kapal ukuran 3 GT 10 unit, 20 GT 3 unit dan 30 GT 5 unit.

Sebenarnya kata Agus, terdapat 31 unit kapal yang diusulkan, tetapi yang selesai baru 18 kapal kemudian itulah yang diserahkan kepada kelompok nelayan yang tergabung dalam koperasi.

"Selain kapal, kami juga serahkan 58 paket alat tangkap seperti Gillnet dasar, Gillnet permukaan, Gillnet pertengahan, Pole and Line, dan rawai dasar," katanya.

Bantuan tersebut kata Agus merupakan upaya keras pemerintah Kendari sebagai bentuk kepedulian terhadap pengembangan kualitas dan kesejahteraan nelayan di kota itu.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024