Kendari, Antara Sultra - Walikota Kendari Asrun memprogramkan klinik konsultasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) secara gratis bagi pegiat ekonomi.

"Sesungguhnya banyak peluang dan setiap individu memiliki potensi namun tidak eksis karena keterbatasan pengetahuan dan wawasan," kata Asrun di Kendari, Minggu.

Pemerintah diharapkan berperan mendorong masyarakat untuk melakukan kegiatan produktif yang berdampak positif bagi warga lainnya.

Jika individu sudah produktif atau mandiri dalam menjalankan kegiatan ekonomi maka tanpa disadari telah ikut mengatasi pemgangguran.

Mengenai kendala modal yang biasanya menghambat pelaku usaha kecil sudah ada solusi yang disiapkan pemerintah, antara lain, kredit usaha rakyat.

Ketua kelompok petani tambak "Baru Muncul" Kecamatan Tinanggea, Kabupaten Konawe Selatan Agussalim (49) mengatakan pemerintah harus berterima kasih kepada petani tambak yang mandiri membangun tambak dengan modal samangat.

"Sekarang kendala petani tambak atau kelompok petani tambak adalah pupuk yang kadang-kadang menghilang di pasaran," kata Agusalim.

Petani tambak mengharapkan petugas penyuluh perikanan sebagai pendamping dalam mengolah tambak sehingga penyakit terdeteksi sejak dini.

Pewarta : Sarjono
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024