Kendari, Antara Sultra - Wali Kota La Rochelle Prancis, Jean Francous Fountaine, bersama Wakil Wali Kota La Rochelle, Michel Sabatier, mengunjungi Kota kendari, Sulawesi Tenggara, sebagai tindak lanjut dari hubungan kerja sama kedua kota tersebut dalam bidang kemaritiman.

Saat tiba di Kendari, Kamis siang, Wali Kota La Rochelle, Jean Francous Fountaine dan rombongan langsung melakukan pertemuan dengan Pemerintah Kota Kendari diterima oleh Wali Kota Kendari, Asrun dan jajaran Pemkot di Ruang Pola kendari, Kamis.

Jean Francous Fountaine mengatakan, kunjungan ini adalah bentuk dari keseriusan menindaklanjuti kerja sama pemerintah Indonesia dengan Prancis salah satunya dalah kerja sama Pemerintah Kota Kendari dan Kota La Rochelle Prancis bidang kemaritiman.

Dalam kesempatan itu, Jean Francous Fountaine membawa beberapa pengusaha dan tim ahli yang asal La Rochelle yang mempresentasekan beberapa item kerja sama yang bisa menjadi tindak lanjut dari kerja sama kemaritiman.

"Saya membawa beberapa tenaga ahli, semoga kerja sama ini akan membawa manfaat bagi kedua negara, khususnya kedua pemerintah kota ini antara Kendari dan La Rochelle," katanya.

Jean Francous mengaku, kunjungan ke Kendari merupakan rangkaian dari kunjungan di Indoneia bersama Presiden Prancis yang baru saja menyaksikan penandatangan berbagai kerja sama antara Prancis dan Indonesia di Jakarta bersama Presiden Indonesia.

"Sayangnya, saya tidak bisa meyakinkan Presiden Prancis untuk bersama-sama melanjutkan perjalanan dari Jakarta untuk berkunjung ke Kendari," katanya.

Usai tatap muka dengan jajaran Pemkot Kendari, rombongan Jean Francous Fountaine ditemani wali Kota Kendari meninjau beberapa lokasi yang akan menjadi bagian kerja sama dan melihat kondisi Kota Kendari yang akan dijadikan sebagai kota kembar pertama La Rochelle di Indonesia.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024