Kendari, Antara Sultra - Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Susi Pudjiastuti, mengimbau nelayan yang ada di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), untuk membentuk koperasi.

"Saya harapkan nelayan untuk membangun koperasi agar bantuan pemerintah dapat dipertanggungjawabkan dan tepat sasaran," kata Susi saat berdialog dengan nelayan di Pelabuhan Perikanan Samudra Kendari, Jumat.

Ia mengatakan, pemerintah tidak akan memberikan bantuan kepada nelayan jika tidak membentuk koperasi.

"Kita tidak bisa lagi memberikan kapal kepada KUB (Kelompok Usaha Bersama). Jadi KUB bapak harus diubah menjadi koperasi, karena koperasi berbadan hukum ada pertangungjawabannya," katanya.

Menurut dia, kalau memberikan bantuan kepada KUB maka yang terjadi adalah ikan yang didapat hanya ketua kelompok atau kerja sama dengan kepala dinas setempat," kata Susi.

Dengan wadah koperasi kata Susi, maka bantuan dan hasil dari usaha bisa dirasakan oleh semua anggota kelompok koperasi.

"Misalnya hasil tangkapan bisa dibagi untuk semua kelompok, meskipun kapal dari koperasi itu hanya dua atau satu," katanya.

Susi menekankan agar koperasi dapat dijalankan dengan baik dan betul-betul beranggotakan nelayan, memberdayakan para anak muda sebagai dan libatkan dewan pembina koperasi dari kalangan pejabat terkait.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024