Kendari, Antara Sultra - Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Tenggara berkomitmen untuk membantu pengembangan tanaman kakao sebagai komoditas andalan di daerah ini.

Kepala BI Sultra Minot Purwahono, di Kendari, Kamis, mengatakan komoditas kakao Sultra sudah lama dikenal bahkan menjadi komoditas perkebunan primadona di Sultra.

"Kami berharap komoditas yang pernah jadi andalan Sultra itu kembali ditingkatkan produksinya. BI akan membantu membina para petani kakao agar bisa mengembangkan hasil produksinya," katanya pula.

Dia menyebutkan, daerah yang menjadi sentra kakao di Sultra adalah Kolaka Utara, Kolaka, Kolaka Timur, Konawe, Konawe Selatan, Konawe Utara, dan Muna Barat.

"Kami akan mulai di Kolaka Timur dengan membina para petani hingga memberikan pendampingan agar mudah mendapatkan bantuan kredit pengembangan usaha," katanya lagi.

Pendampingan itu, katanya lagi, adalah agar menghasilkan biji kakao fermentasi yang memiliki nilai jual tinggi dibanding menjual secara gelondongan.

Bahkan, kata Minot lagi, pihaknya akan mendorong warga untuk mengembangkan usaha pengolahan biji kakao menjadi produk pangan yang bisa meningkatkan kesejahteraan warga setempat.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024