Kendari, Antara Sultra - Pemerintah Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, mendorong pada investor, baik investor nasional maupun investor asing untuk berinvestasi di bidang industri pariwisata di Wakatobi.

"Saat ini sudah ada enam investor nasional maupun asing yang berinvestasi di bidang industri pariwisata di Wakatobi," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Industri Kreatif Kabupaten Wakatobi, Nadar melalui telepon dari Wangiwangi, Jum`at.

Menurut dia, enam perusahaan yang berinvestasi di Wakatobi antara lain PT Wakatobi Diving Resor (PMA), PT Matahora Resor (PMA), PT Wakatobi Resor (perusahaan lokal) dan Patuno Resor (perusahaan nasional).

Di tahun 2017 ini, kata dia, Pemkab Wakatobi menargetkan minimal sebanyak tiga investor baru yang mau berinvestasi di bidang industri pariwisata di Wakatobi.

"Kalau target tiga investor yang berinvestasi di Wakatobi ini tercapai, maka kami sangat optimis jumlah kunjungan wisata di Wakatobi akan terus meningkat dari waktu ke waktu," katanya.

Ia mengungkapkan, jumlah kunjungan wisata di Wakatobi sepanjang tahun 2016 mencapai 22.380 orang.

Tahun ini kata dia, Pemerintah Kabupaten Wakatobi memasang target jumlah kunjungan wisata ke Wakatobi hingga 40.000 orang.

"Kami berani memasang target sebanyak itu, karena Wakatobi saat ini telah ditetapkan sebagai salah satu destinasi pariwisata unggulan Indonesia oleh Pemerintah Pusat," katanya.

Artinya, kata dia, pengembangan dan pemasaran pariwisata Wakatobi bersama sembilan destinasi pariwisata unggulan Indonesia, saat ini bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah Wakatobi melainkan juga menjadi tanggung jawab Pemerintah Pusat.

"Dengan kewajiban Pemerintah Pusat mengembangkan dan memasarkan destinasi pariwisata Wakatobi, maka dapat dipastikan jumlah kunjungan wisatawan ke Wakatobi akan mengalami peningkatan yang cukup tajam," katanya.

Pewarta : agus
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024