Kendari, Antara Sultra - Bupati Muna, Sulawesi Tenggara, L.M. Rusman Emba mengatakan sektor pariwisata di Kabupaten Muna bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat, bila dikembangkan dan dikelola secara optimal.

"Kalau sektor pariwisata Muna sudah berkembang dan dikelola dengan baik maka dapat dipastikan berbagai kegiatan usaha ekonomi rakyat juga akan tumbuh dan berkembang pula," katanya melalui telepon dari Raha, Ibu Kota Kabupaten Muna, Jumat.

Saat berbagai kegiatan usaha ekonomi masyarakat, seperti hotel, restoran, dan usaha jasa transportasi berkembang maju, kata dia, tingkat kesejahteraan masyarakat dipastikan mengalami peningkatan.

"Sektor pariwisata tidak berdiri sendiri. Ketika sektor pariwisata berkembang, maka akan diikuti dengan perkembangan sektor-sektor lain," katanya.

Ia mengatakan Kabupaten Muna memiliki potensi pariwisata, seperti wisata bahari dan wisata budaya menarik yang cukup besar dan menjanjikan kesejahteraan masyarakat.

Namun, katanya, berbagai potensi pariwisata menarik yang dimiliki tersebut, belum dikelola dan dikembangkan secara optimal akibat infrastruktur pendukung kepariwsataan yang belum tersesia secara memadai di Muna.

"Oleh karena itu, mulai tahun ini kami Pemerintah Kabupaten Muna memberi perhatian khusus bagi pembangunan infrastruktur pendukung pariwisata Muna," katanya.

Menurut dia, jika insfrastruktur pendukung kepariwisataan seperti sarana transpotasi menuju, tempat-tempat wisata, hotel, dan restoran sudah terbangun secara mamadai maka dapat dipastikan industri pariwisata di Muna mengalami kemajuan pesat.

"Kami sangat optimitis, setelah infrastruktur pendukung kepariwisataan terbangun secara memadai, maka industri pariwisata di Muna akan kembang pesat, sejajar dengan daerah-daerah tujuan wisata di Indonesia," katanya.

Pewarta : agus
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024