Kendari (Antara Sultra) - Pemerintah Kabupaten Buton Tengah diimbau untuk mengembangkan sektor pariwisata karena potensinya cukup besar.

Imbauan tersebut disampaikan anggota DPRD Kabupaten Buton Tengah, Kadir Teme di Kendari, Kamis.

"Wilayah Kabupaten Buton Tengah dikenal dengan kabupaten seribu gua. Gua-gua yang ada di Buton Tengah tersebut sangat menarik untuk menjadi obyek wisata alam atau petualang," katanya.

Selain banyak terdapat gua, di wilayah Kabupaten Buton Tengah juga banyak memiliki pesisir pantai berpasir putih yang menawarkan panorama alam yang sangat eksotis.

Bahkan salah satu pantai di Buton Tengah, yakni Pantai Katembe di Kecamatan Gu kata dia, pernah menjadi lokasi syuting film berjudul `Barakati`.

"Film Barakati yang diproduksi Pemerintah Kabupaten Buton ketika itu, bercerita tentang kesultanan Buton masa lampau," katanya.

Menurut dia, selain menawarkan panorama alam pantai yang eksotis, alam bawah laut di sekitar Pantai Katembe juga menawarkan keindahan alam bawah laut yang fantastis.

Di alam bahwa luat wilayah pesisir tersebut dihuni berbagai jenis terumbu karang, beragam jenis ikan dan biota laut lainnya.

"Pokoknya, berwisata di Pantai Katembe, selain memanjakan diri di hamparan pasir putih, pengunjung juga dapat melakukan penyelaman, menikmati keindahan alam bawah laut," katanya.

Pewarta : Agus
Editor :
Copyright © ANTARA 2024