Kendari, Antara Sultra - Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Adriatma Dwi Putra-Sulkarnain meraih suara terbanyak dalam Pilkada 2017 Kota Kendari, Sultra, berdasarkan rapat pleno KPU setempat dengan agenda rekapitulasi hasil pemungutan suara, Rabu.

Rapat pleno di kantor KPU Sultra itu dipimpin Ketua KPU Kendari, Hayani Imbu, didampingi empat anggota KPU Kendari lainnya yakni Ade Suerani, Zainal Abidin, Yasir dan Wahid Damin.

Pleno rekapitulasi KPU Kota Kendari yang dimulai sejak pukul 10.00 wita dihadiri saksi masing-masing pasangan calon dan berlangsung alot karena adanya protes dan keberatan dari saksi salah satu pasangan calon.

Rekapitulasi tersebut dihadiri pula oleh Ketua Panwaslu Kendari, Alasman Mpesau dan dua anggotanya serta masing-masing panwascam 10 kecamatan di kota itu.

Adapun rincian hasil rekapitulasi tersebut yakni pasangan urut dua Adriatma-Sulkarnain berhasil meraih 62.019 suara dari total 151.289 suara sah, pasangan ini di dukung oleh PAN, PKS, PKB.

Pasangan nomor urut satu Abdul Rasak-Haris Andi Surahman meraih 55.769 suara dari total 151.289 suara sah, pasangan ini didukung oleh Partai Golkar dan partai Nasdem.

Pasangan urut tiga Zayat Kaimoeddin-Suri Syahriah meraih 33.501 suara dari total 151.289 suara sah, pasangan ini didukung oleh PDIP, PPP Hanura dan Partai Demokrat.

Hayani Imbu mengatakan, usai dilaksanakannya rapat pleno penetapan rekapitulasi penghitungan suara, selanjutnya akan melaksanakan tahapan penetapan pasangan calon terpilih.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024