Baubau (Antara Sultra) - Pemerintah Kota Baubau, meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia.

Wali Kota Baubau, AS Thamri di Baubau, Kamis mengatakan Kementerian Perhubungan memberikan penghargaan Wahana Tata Nugraha tersebut karena Pemerintah Kota Baubau dinilai berhasil mengembangkan transportasi laut maupun udara.

"Saya sebagai wali kota Baubau menerima penghargaan dari Kementerian Perhubungan itu dari Menteri Perhubungan RI di Jakarta, hari Rabu kemarin," katanya.

Menurut dia, khusus perhubungan laut, Kota Baubau saat ini telah menjadi salah satu pelabuhan transit di kawasan Timur Indonesia selain Makassar, Sulawesi Selatan.

Setiap bulan kata dia, kapal-kapal Pelni yang singgah di pelabuhan Baubau sebanyak 28 kali.

"Artinya, hampir setiap hari ada kapal Pelni dari kawasan Barat Indonesia atau dari kawasan Timur Indonesia yang singgah di pelabuhan Baubau," katanya.

Selain itu kata dia, pelabuhan Baubau juga menjadi jalur lintasan tol laut yang digulirkan pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla.

"Oleh karena pelabuhan Baubau menjadi lintasan dari kapal-kapal tol laut yang mengangkut barang dan jasa, maka sejak tahun 2016 lalu, terminal pelabuhan Baubau telah dibangun lebih representatif," katanya.

Pewarta : Agus
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024