Kendari (Antara Sultra) - Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Nur Alam melantik Gusti Pasaru menjadi Kepala Inspektorat provinsi setempat di ruang Pola Kantor Gubenrur, Senin.

Gusti Pasaru menjadi kepala Inspektorat Sultra menggantikan pejabat sebelumnya Suryo Martono yang sudah memasuki batas usia pensiun.

Nur Alam mengatakan, pelantikan Gusti Pasaru sebagai Kepala Inspektorat yang baru merupakan pilihan yang tepat karena telah mengikuti seluruh proses seleksi terbuka atau lelang jabatan eselon II yang dibuka pemerintah Sultra pada November 2016 lalu.

"Semua tahapan seleksi pula sudah dilalui. Dan dari tiga besar yang ditetapkan Panselda. Gusti Pasaru merih nilai atau point tertinggi sehingga mengantarkan beliau bisa menjadi kepala Inspektorat Sultra," katanya.

Pengalaman Gusti Pasaru yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bidang (Kabid) Akuntan Negara di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulsel kata Nur Alam, dinilai akan memberikan dampak pada peningkatan pengawasan di internal Pemprov Sultra.

"Jujur saya merasa senang karena BPKP dapat memberikan salah satu SDM yang berkompeten dalam bidang pengawasan akuntan atau keuangan untuk membantu dan menjadi bagian dalam pengawasan pengelolaan keuangan di lingkup Pemprov Sultra," katanya.

Sebagai mitra pemerintah dalam pengawasan kata Nur Alam, diharapkan kerja sama dengan BPKP terus ditingkatkan dan disinergitaskan guna menghidari kesalahan dalam pengelolaan keuangan daerah.

Pelantikan itu dihadiri pula kepala BPKP Sulsel, Kepala BPKP Sultra, Sekda Sultra, dan kepala SKPD lingkup Sultra.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024