Kendari (Antara Sultra) - Pemerintah Kabupaten Muna Barat, berkomitmen mengembangkan komoditi tanaman jagung hibrida di daerah itu sebagai komoditi unggulan.

Penjabat Bupati Muna Barat, Rony Yakob di Kendari, mengatakan tanaman jagung sangat cocok dikembangkan di Muna Barat yang dinilai bisa memberikan kesejahteraan bagi maayarakat setempat.

"Komodoti jagung ini memiliki potensi ekonomi yang menjanjikan. Sehingga kami dorong petani untuk mengembangkan tanaman ini," katanya.

Rony mengaku, pihalnya telah menyiapkan 15 ribu hektare lahan pertanian untuk menanam jagung hibrida yang tersebar pada 11 kecamatan.

"Pada program ini petani hanya menyediakan lahan untuk ditanami dan memelihara sampai bisa panen. Persoalan benih, pupuk, pengering, dan dan sebagainya nanti pemerintah yang sediakan," katanya.

Menurut Rony, untuk mempercepat proses mengolah lahan pihak pemerintah telah mengusulkan bantuan traktor yang dibagikan di setiap kecamatan.

Terkait hasil panen kata dia, sudah ada jaminan dari pemerintah melalui perum Bulog yang siap membeli semua hasil produksi petani.

"Ini merupakan peluang bagi masyarakat Muna Barat untuk meningkatkan perekonomian karena selain kemudahan dan bantuan yang diberikan, pemerintah juga siap membeli hasil produksi," ujarnya.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024