Kendari, Antara Sultra - Anggota Komisi V DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Sulawesi Tenggara, H Umar Arsal, bertekad memprioritaskan anggaran pembangunan infrastruktur dan rumah layak huni bagi masyarakat di daerah terpencil.

"Program bantuan rumah layak huni di wilayah pesisir, harus diprioritaskan dan tepat sasaran, termasuk pemanfaatan dana desa, untuk pembangunan infrastruktur," ujar politis Partai Demokrat itu di Kendari, Senin.

Pernyataan anggota DPR RI itu saat datang menghadiri peresmian pembangunan 30 Unit rumah layak huni bagi masyarakat kurang mampu di Desa Tambeanga Kecamatan Laonti Kabupaten Konawe Selatan.

Umar Arsal menegaskan, alokasi anggaran pembangunan di daerah pesisir, juga bertujuan untuk merubah paradigma lama, jika daerah terpencil, sulit berkembang, padahal memiliki sumber daya alam melimpah dan SDM yang berkualitas.

Di sejumlah wilayah pesisir kabupaten Konawe Selatan, Umar Arsal, juga mengusulkan pembangunan sejumlah dermaga atau tambatan perahu, untuk memperlancar aktifitas masyarakat nelayan, terutama dalam memasarkan hasil perikanan laut.

Desa Tambeanga Kecamatan Laonti Konawe Selatan, yang memiliki 200 lebih kepala keluarga (KK), sejauh ini sudah menikmati sumber air bersih dan listrik tenaga surya.

Namun, masyarakat masih sangat mengharapkan perhatian pemerintah, terutama pembangunan jalan desa, bantuan alat tangkap, tambatan perahu serta penyediaan fasilitas jaringan telepon.

Pewarta : Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024