Kendari, Antara Sultra - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara, memprogramkan percepatan pelayanan penerbitan akte kelahiran anak tanpa dipungut biaya atau gratis.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Kendari Muhammad Rizal di Kendari, Jumat, mengatakan salah satu terobosan untuk mewujudkan percepatan pelayanan akte kelahiran adalah kerja sama antara Dinas Kependudukan dengan rumah sakit.

"Wali kota Kendari sudah menyurat resmi kepada Gubernur Sultra soal gagasan kerja sama antara Dinas Kependudukan dengan Rumah Sakit Bahteramas tentang percepatan penerbitan akte kelahiran," kata Rizal.

Gubernur Sultra mengapresiasi rencana kerja sama percepatan penerbitan akte kelahiran dengan meminta Direktur rumah sakit Bahteramas dan Dinas Dukcapil Kota Kendari berkoordinasi.

Jika kerja sama Dinas Kependudukan dan Rumah Sakit Bahteramas sudah terjalin maka setiap bayi yang lahir dan meninggalkan rumah sakit dengan membawa akte kelahiran.

"Orientasi kerja sama adalah percepatan pelayanan sehingga dipastikan akan mendapat dukungan dari semua pihak. Mudah-mudahan segera terwujud," tambahnya.

Anggota DPRD Kota Kendari Laode Lawama menyambut baik rencana kerja sama Dinas Dukcapil Kota Kendari dengan rumah sakit Bahteramas untuk mempercepat pelayanan penerbitan akte kelahiran.

"Pemerintah konsisten memberikan pelayanan penerbitan akte kelahiran tetapi kadang-kadang orang tua anak yang tidak menganggap penting sehingga pengurusan ditunda-tunda," kata Lawama politisi PDI Perjuangan.

Pewarta : Sarjono
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024