Kendari (Antara News) - Badan Nasional Narkotikan (BNN) Provinsi Sulawesi Tenggara dan sejumlah wartawan di daerah berkomitmen untuk bersama-sama melakukan pencegahan terhadap penyalahgunaan narkoba di daerah.

"Narkoba adalah musuh kita semua, maka dari itu kerjasama semua pihak utama media yang ada di daerah sangat berarti bagi proses tercapainya pencegahan pengguna narkoba khususnya bagi generasi penerus bangsa," ujar Kepala BNNP Sultra, Kombes Polisi Fauzan Djamal pada kegiatan Forum Silaturrahmi dengan wartawan di Kendari, Selasa.

Kegiatan forum silaturrahmi antara BNN dan wartawan diwakili masing-masing dari ketua PWI Sultra Sarjono dan ketua AJI Kendari, Zainal Ishak sebagai pembicara yang dirangkaian dengan diskusi, sebagai bentuk saran dan sumbangsi kepada BNN sebagai penyelenggara.

Menurut Fauzan, penyalahgunaan narkoba yang makin marak selama ini korbanya terbanyak di kalangan pelajar dan mahasiswa, sehingga menjadi alasan utama untuk terus melakukan upaya pencegahan dengan melakukan sosialisasi dihampir seluruh sekolah tingkat SLTP dan SMU sederajat.

Disamping pelajar dan mahasiswa sebagai pemegang tongkat kepemimpinan bangsa harus dilindungi dari peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba. Perlu ada berbagai upaya pencegahan terhadap bahaya penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar dan mahasiswa.

Ia mengatakan, BNN pun gencar dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN), antara lain menggelar diskusi dan sosialisasi dengan siswa-siswi di sekolah mereka maupun mengundang perwakilan sekolah dalam satu pertemuan tertentu dalam hal pencegahan penyalahgunaan narkoba.

Ketua PWI Sarjono maupun AJI Zainal Ishak mengatakan, sinergitas dalam hal eduksasi terkait pencegahan narkoba mempunyai komitmen tinggi.

"Tentu BNN membutuhkan wartawan, dan sebaliknya rekan-rekan wartawan juga membutuhkan informasi dari BNN dalam hal untuk memberitakan sesuai dengan kode etik yang ada," ujaranya.

Dikatakan, forum diskusi yang dilakukan bertujuan untuk membangun komitmen dan kepedulian bagi pihak BNN dengan seluruh media dalam upaya P4GN, dan sekaligus dapat memberikan kontribusi nyata sebagai pelopor pencegahan dan antinarkoba.

Pewarta : Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024