Baubau (Antara) - Persediaan stok beras di Kota Baubau untuk kebutuhan masyarakat di daerah itu dan sekitarnya dalam menjelang perayaan Natal 2016 hingga Tahun Baru 2017 masih aman.
 
Kepala Perum Bulog Sub Divre Baubau Bahar Haruna mengatakan, untuk stok beras Raskin masih ada sekitar 1.000 ton dan beras premium sekitar 480 ton, sehingga masih aman hingga Maret 2017.
 
Ia mengatakan, kebutuhan beras juga masih mencukupi selain Kota Baubau, juga Kabupaten Buton, Buton Tengah, Buton Selatan, Buton Utara, Muna dan Muna Barat.
 
“Selain stok beras beras medium untuk rakyat miskin (Raskin) melalui program PSO Bulog,  juga ada beras premium yang dijual dengan harga relatif murah sekitar Rp8.400 per kilo gram,” ujarnya.
 
Dia mengatakan, jika pun ada gejolak harga pada perayaan Natal dan tahun baru nanti, maka pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Perdagangan daerah setempat untuk dilakukan operasi pasar.
 
“Kalau pun ada operasi pasar kita akan pasarkan beras medium dengan harga sekitar Rp7.900 per kilo gram dan juga masih ada beras premium. Tapi operasi pasar ini belum dilakukan karena kondisi harga masih stabil,” katanya.
 
Menurut dia, operasi pasar tersebut akan dilakukan bila mana dibutuhkan untuk mengantisipasi gejolak harga di pasaran, sehingga kebutuhan masyarakat akan beras tidak mengalami kesulitan.
 
Ia menambahkan, pihaknya juga menyiapkan gula pasir sekitar 270 ton untuk mengantisipasi gejolak harga. “Kalau pemasaran gula pasir ini sudah berjalan dan kita sudah distribusikan ke rumah pangan di sejumlah lokasi di Baubau dengan harga sekitar Rp12.500 per kilo gram,” katanya.
 
Bahkan, kata dia, kalau dibutuhkan karena ada gejolak harga juga akan dilakukan operasi pasar seperti tahun sebelumnya . “Harga juga gula pasir ini relatif murah dibanding dengan harga gula pasir yang dijual di kios-kios di pasaran umum sekitar Rp15.000-Rp17.000 perkilo gram,” katanya.

Pewarta : Yusran
Editor :
Copyright © ANTARA 2024