Kendari (Antara News) - Gubernur Sulawesi Tenggara Nur Alam, menyatakan apresiasi yang tinggi terhadap kontingen Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Sultra yang berhasil meraih juara umum dalam ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) III Korpri Nasional 2016 di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim).
"Saya salut pencapaian yang cukup membanggakan ditorehkan jajaran Korpri Sultra dengan meraih juara umum nasional dalam ajang bergengsi terhadap siar Islam itu," kata Nur Alam, disela-sela usai memimpin upacara Hari Korpri ke-45 di pelataran kantor gubernur Sultra, Selasa.
Ia mengatakan prestasi yang membangakan bagi jajaran Korps ASN Sultra itu, harus terus dipertahankan guna melahirkan pegawai yang benar-benar mampu menjadi hafidz atau penghafal Alquran masa depan daerah dan aset nasional.
Sebelumnya, Sekda Provinsi Sultra, Lukman Abunawas mengatakan, prestasi dengan juara umum nasional yang ditorehkan Korps ANS Sultra dalam ajang siar Islam tahunan itu setelah manyabet dua emas, satu perak dan tiga perunggu.
"Atas capaian itu, kontingen Sultra berhak memboyong piala bergilir Presiden RI dan uang pembinaan sebesar Rp50 juta, dan proses penyerahan pialanya bergilir diwakili Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo," kata Lukman.
Dari 16 kategori cabang yang diperlombakan, kontingen Sultra tampil dominan dari 357 peserta yang berasal dari 30 provinsi dan 21 kementerian dan lembaga pusat.
Kontingen Korpri Sultra mengikuti lima cabang yang dilombakan yakni, Musabaqah Tartil Alquran putra/putri, Musabaqah Tilawah Alquran putra/putri, Musabaqah Hifzh Alquran putra/putri serta Musabaqah Dakwah Alquran putra/putri serta Musabaqah Khath Alquran putra/putri.
Dan dari segi penilaian, panitia menggunakan teknologi multimedia. Penampakan teknologi itu berupa dua layar lebar yang dipasang di kiri dan kanan tempat qori maupun qori`ah membacakan ayat Alquran.

Pewarta : Azis Senong
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024