Gorontalo (Antara News) - Bupati Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Indra Yasin mencanangkan ulang program sejuta jamban di daerah tersebut.

         "Program ini mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di daerah ini dan terbukti realisasi pembangunannya mampu meningkatkan jumlah kepemilikan jamban di seluruh kecamatan," ujar Bupati Indra Yasin di Gorontalo, Jumat.

         Sebelum dicanangkan program sejuta jamban tahun 2015, jumlah jamban tersebar di 11 kecamatan baru mencapai 18 persen.

         Namun tahun 2016 ini, peningkatannya signifikan mencapai 45 persen pasca pencanangan gerakan membangun sejuta jamban, melalui program dana desa yang merealisasikan 20 unit jamban per desa.

         Olehnya kata bupati, pada peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-52 tingkat kabupaten ini dipusatkan di kantor Dinas Kesehatan setempat, program sejuta jamban kembali dicanangkan sebagai upaya pemerintah daerah melestarikan program di bidang kesehatan ini66.

         Targetnya adalah mencapai jumlah kepemilikan jamban mencapai 75 persen tahun 2017, sehingga setiap desa diminta membangun 25 unit.

          Gerakan membangun sejuta jamban sangat penting kata bupati, meski jumlah rumah di daerah ini hanya 33 ribu unit namun melalui pencanangan ini diharapkan mampu mengajak masyarakat meninggalkan kebiasaannya buang air besar di sungai.

         Peningkatan jamban di daerah ini mampu menempatkan Gorontalo Utara di peringkat ke dua se-Provinsi Gorontalo dalam hal jumlah jamban serta berhasil mendorong terciptanya mutu kesehatan yang semakin baik.

Pewarta : Susanti Sako
Editor :
Copyright © ANTARA 2024