Kendari (Antara News) - Pemerintah Kota Kendari mendapatkan tambahan dana alokasi khusus (DAK) 2016 sebesar Rp108 miliar.

Wali Kota Kendari Asrun di Kendari, Rabu, mengatakan tambahan dana alokasi khusus dari Pemerintah Pusat tersebut sebagai bentuk apresiasi pemerintah pusat atas kinerja laporan keuangan Pemkot Kendari yang dinilai baik selama ini.

"Laporan keuangan kita meraih opini wajar tanpa pengecualian beberapa tahun terakhir, kemudian serapan anggaran kita tinggi sehingga pemerintah pusat memberikan penghargaan kepada kami," katanya.

Ia mengatakan tambahan DAK Rp108 miliar tersebut adalah sesuatu hal yang luar biasa bagi pemerintah kota Kendari, karena di saat pemerintah daerah lain mendapat pengurangan anggaran dari pusat, tetapi Kendari malah mendapatkan tambahan anggaran.

"Pertanggungjawaban penggunaan DAK dan dana alokasi umum selama ini diserahkan tepat waktu, demikian juga penyerapannya tinggi sehingga kita dinilai berhasil melakukan penyerapan anggaran," katanya.

Menurut Asrun, tambahan dana alokasi khusus tersebut akan dialokasikan untuk pembangunan beberapa infrastruktur yang ada di kota Kendari.

"Seluruh setiap program yang kami lakukan diupayakan sejalan dengan program pemerintah pusat seperti peningkatan infrastruktur jalan, pelabuhan dan lain-lain," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024