Kendari (Antara News) - Wali kota Kendari, Asrun, meminta kepada warga di daerah itu agar mewaspadai banjir yang kerap terjadi ketika hujan deras.
"Memasuki musim hujan, kita tidak henti-hentinya menghimbau masyarakat untuk waspada terhadap banjir yang sering melanda Kota Kendari pada beberapa titik kota ini," kata Asrun, saat menghadiri dan membuka sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Kota Kendari No 13 tahun 2014 tentang penyediaan, penyerahan, dan pengelolaan prasarana, sarana dan utilitas perumahan dan pemukiman, pada salah satu hotel di Kendari, Senin.
Ia mengatakan, banjir atau genangan air sangat mudah terjadi di Kendari saat hujan tiba karena saluran air banyak yang tersumbat yang kadang dilakukan oleh warga itu sendiri.
"Air harus dipersilahkan jalan bukan untuk ditahan atau diblokir. Kadang-kadang ini teman-teman punya tanah dia timbun dan tidak kasi jalan lagi air untuk mengalir sehingga terjadi henangan air," kata Asrun.
Ia meminta kepada warga untuk ikut memelihara saluran air atau drainase agar tidak ada penyumbatan sehingga air lancar jalannya ketika hujan turun.
"Jujur saja kita mengharapkan adanya saling pengertian dalam hidup bermasyarakat untuk menanggulangi persoalan banjir yang sering melanda Kota Kendari. Salah satu caranya menjaga kebersihan saluran air atau drainase," katanya.
Ia mengaku, terus membenahi sejumlah titik drainase yang tidak berfungsi dengan baik sehingga Kendari bisa terhindar dari banjir saat musim hujan tiba.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024