Kendari (Antara News) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara melibatkan masyarakat setempat dalam pengembangan dan pengelolaan sektor pariwisata di daerah itu.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sultra Zainal Kudus di Kendari, Kamis, mengatakan sektor pariwisata bisa mendorong peningkatan perekonomian masyarakat sehingga perlu adanya keterpaduan antara masyarakat dan pemerintah.

"Pemerintah dan masyarakat harus saling mendorong dan mendukung dalam pengembangan sektor pariwisata sehingga bisa memberikan dampak positif bagi kedua belah pihak," katanya.

Saat ini, kata Zainal, banyak kelompok masyarakat yang melakukan pengelolaan objek wisata.

Selain itu, ada pula yang dikelola oleh pemerintah. Salah satu objek wisata yang dikelola oleh pemerintah adalah Pulau Bungkutoko.

"Pulau Bungkutoko merupakan destinasi wisata maritim andalan Sultra yang terus dikembangkan dan dipromosikan hingga tingkat nasional dengan harapan bisa menarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara," katanya.

Objek wisata yang dikelola masyarakat, kata dia, tersebar di seluruh kabupaten dan kota juga memiliki daya tarik dan keindahan memesona.

Pemerintah, kata dia, senantiasa berupaya memberikan pembinaan dan pendampingan bagi kelompok masyarakat pengelola objek wisata sehingga bisa lebih profesional.

Disebutkan, objek wisata yang dikelola oleh masyarakat, di antaranya Pantai Nirwana, Pantai Toronipa, Pantai Bintang Samudra, Air Terjun Moramo, Sungai Tamborasi, dan Pantai Futura.

Pewarta : Suparman
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024