Kendari (Antara News) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara melalui Dinas Perhubungan akan mengelola tiga terminal tipe B yang ada di daerah itu.

"Dari tiga terminal tipe B tersebut, satu sudah beroperasi yakni Terminal Larumbalangi Kabupaten Kolaka, sedang dua masih dalam tahap pekerjaan fisik oleh Pemerintah Kota Kendari dan pemerintah Kota Baubau," kata Kepala Dinas Perhubungan Sultra, Hado Hasina di Kendari, Senin.

Ia mengatakan, pengambilalihan pengelolaan terminal itu sesuai dengan amanat UU 23/2014 tentang Pemerintah Daerah. "Terminal tipe A diambil alih Pemerintah Pusat, tipe B diambil alih pemprov, sementara pengelolaan yang tipe C tetap di tangan pemerintah kabupaten/kota," katanya.

Menurut dia, pengambil alihan tersebut tentunya ada proses negosiasi karena yang membangun fisik terminal itu adalah pemerintah kabupaten dan kota setempat. "Di Sultra ini masih minim terminal tipe B, karusnya setiap kabupaten kota ada terminal tipe B, paling tidak di daerah yang berbatasan dengan provinsi lain," katanya.

Disebutkan, daerah yang berbatasan dengan provinsi lain di SUltra adalah Kabupaten Konawe Utara berbatasan dengan Kabupaten Morowali Sulawesi Tengah dan Kabupaten Kolaka Utara yang berbatasan dengan Kabupaten Luwu Tumur Sulawesi Selatan.

Pewarta : Suparman
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024