Baubau (Antara News) - Wali Kota Baubau AS Tamrin untuk pertama kalinya melakukan pengambilan sumpah dan melantik pejabat eselon dua yang merupakan hasil lelang jabatan di lingkup Pemerintah Kota Baubau.

Tiga pejabat eselon yang dilantik di Aula Palagimata Pemkot Baubau, Jumat itu antara lain Amiruddin sebagai Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan yang sebelumnya menjabat Asisten II Setda Kota Baubau dan Ali Arham sebagai Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata yang sebelumnya Staf Ahli Bidang Hukum dan Organisasi Setda Kota Baubau.

Selain itu Rahmat Tuta dilantik sebagai Staf Ahli yang sebelumnya menjabat Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Setda Kota Baubau.

Jabatan Asisten II ditinggalkan Amiruddin dan Ali Arham pada Staf Ahli saat ini belum terisi sebelum ada pejabat baru dari hasil hasil lelang jabatan nanti.

Selian pejabat eselon dua, Wali Kota Baubau juga melantik sebanyak 23 pejabat eselon tiga dan eselon empat.

Wali Kota Baubau AS Tamrin mengatakan, pelantikan dan pergeseran posisi jabatan tersebut sudah sesuai proses dan aturan yang ada, tetapi tidak menutup kemungkinan kalau ada hal-hal lain, maka dapat dilakukan perbaikan sebagaimana mestinya seperti yang disebutkan dalam konsideran.

"Pergeseran seseorang yang menduduki jabatan lamanya tentu sudah ada ukuran kinerja yang telah diberikan dan yang mengukur kinerjanya itu selain atasanya juga dirinya sendiri," ujarnya,

Menurut dia, mutasi pejabat dalam setiap organisasi merupakan hal yang biasa dan sudah dipertimbangkan sebagai penyegaran, jangan selalu melempar kekecewaan tapi intropeksi diri perlu untuk menyadari kekurangannya.

"Sebagaimana yang selalu saya sampaikan bahwa proses pemerintahan dan pengelolaan organisasi setiap saat terjadi pembinaan, bisa berupa penghargaan, teguran, pengarahan, atapun pemberian sanksi," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, seseorang yang sudah diberikan posisi baru dapat mengabdikan diri dan bekerja dengan baik tidak menjelek-jelakkan seseorang, tetapi harus diperbaiki saja yang sudah ada.

Tamrin berharap kepada pejabat yang baru dilantik agar bekerja dengan baik dan selalu berupaya meningkatkan kinerjanya sesuai tugas pokok dan fungsinya. "Kalau ada tugas-tugas harus dikordinasikan dan bicarakan dengan baik, karena dalam bekerja menjalankan tugas penting itu untuk selalu berkordinasi," ujarnya.

Kegiatan pelantikan pejabat tersebut dihadiri Wakil Wali Kota Baubau Wa Ode Maasra Manarfa, Sekretaris Daerah Kota Baubau Muhammad Djudul dan para kepala satuan kerja perangkat daerah lingkup Pemkot Baubau.

Pewarta : Yusran
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024