Kolaka (Antara News) - Kabupaten Kolaka pada periode Januari hingga Maret 2016 menerima 5.874 kartu Indonesia pintar untuk siswa sekolah dasar dan menengah di daerah itu.
Kepala seksi kesiswaan SD dan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Kolaka Zulfikar, Kamis mengatakan untuk tahap pertama sudah menerima kartu Indonesia pintar untuk siswa SD dan SMP.
"Kalau untuk siswa SMU sederajat kita sudah menerima dana BSM/PIP juga namun datanya ada sama kepala bagian yang mengatur itu," katanya.
Menurutnya besaran dana yang diterima bagi setiap siswa dari program KIP itu sebesar Rp450.000 pertahun bagi siswa sekolah dasar sementara untuk tingkat sekolahan menengah pertama sebesar Rp750.000 pertahun.
"Ini untuk periode Januari-Maret tahun 2016," ungkapnya.
Menurut Zulfikar untuk periode selanjutnya sementara divalidasi dan diusulakn kepada kementerian pendidikan, jumlah usulan sekitar 8.448 siswa penerima program KIP itu untuk siswa SD dan SMP.
Sementara data siswa miskin ini kata dia pihak Diknas masih mengacu kepada data statistik tahun 2011 sehingga kalau ada penambahan jumlah penerima akan dilakukan validasi ulang.
"Data ini kita ambil dari pihak BPS tahun 2011 mengenai jumlah siswa miskin," ujar Zulfikar.
Namun lanjut dia, pihak Diknas akan melakukan pendataan ulang mengenai siswa penerima KIP itu ke sekolah-sekolah karena ada kemungkinan data ini akan bertambah.

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor :
Copyright © ANTARA 2024