Kendari (Antara News) - Sebanyak 30 orang Mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari mengikuti pelatihan bela negara di Mako Yonif 725/Woroagi.

Pelatihan bela negara kepada 30 anggota resimen mahasiswa UHO tersebut dibuka oleh Komandan Yonif 725 Woroagi Letkol Inf Nurman Syahreda di Markas Yonif 725, Jumat, akan berlangsung selama satu minggu ke depan.

Letkol Inf Nurman Syahreda saat memberikan sambutan mengatakan, pelatihan bela negara ini merupakan rangkaian dari perayaan HUT ke-71 Kemerdekaan RI. "Karena kebetulan ada resimen mahasiswa dari UHO mengajukan kepada kami untuk melaksanakan pelatihan bela negara. Memang mendadak sekali, pelatihannya mulai hari ini untuk melatih resimen mahasiswa yang baru," katanya.

Menurut dia, dalam pelatihan bela negara ini, para mahasiswa ini juga akan dilatih ilmu dasar kepeminpinan maupun kedisiplinan. "Banyak materi yang akan diberikan kepada mahasisqa terutama teori tentang kepeminpinan, bela negara dan wawasan kebangsaan," katanya.

Ia berharap, mahasiswa dan mahasiswi dapat mengikuti pelatihan dengan baik dan tanpa ada rasa takut, sebab keberhasilan dan kesuksesan tidak akan tercapai tanpa didasari sikap kedisiplinan dan loyalitas yang tinggi, oleh sebab itu para peserta diminta untuk menanamkan rasa kedisiplinan dari diri pribadi setiap peserta.

"Kedisiplinan diri merupakan pondasi dasar untuk meraih keberhasilan, dan tak kalah pentingnya yaitu kemampuan serta keterampilan yang di dasari sikap pantang menyerah, ketangguhan mental dari para peserta latihan," katanya.

Nurman juga berharap agar latihan dapat berjalan dengan baik dan akan selalu memperhatikan faktor keamanan serta keselamatan selama melaksanakan latihan dengan berpedoman pada prosedur yang telah ditentukan.

Pewarta : Suparman
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024