Baubau (Antara News) - Sebanyak 70 orang jamaah calon haji (JCH) Kabupaten Buton, yang akan menunaikan ibadah haji tahun 2016 mengikuti manasik haji yang digelar Kantor Kementrian Agama Kabupaten Buton di pelataran Islamic Center Baubau.

"Selama dua hari kita melaksanakan manasik haji, baik praktik sahlil, sahwaf dan melempar jumrah. Insya Allah hari ini (9/8) sudah tuntas semua pelaksanaannya," ujar Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Buton Muchtar di Baubau.

Dia mengatakan, pelaksanaan manasik haji yang diikuti jamaah tersebut dibagi dua tahap, yakni tahap tingkat kecamatan sebanyak delapan kali dan tingkat kabupaten dua kali, sehingga pertemuan kepada para jamaah calon haji itu sebanyak sepuluh kali.

Muchtar juga mengatakan, untuk meningkatkan kebugaran fisik dalam menunaikan rukun Islam tersebut, para jamaah haji juga dibekali dengan berolaharga ringan agar dalam pelaksanaan ibadah haji nanti dalam keadaan sehat walafiat.

"Usia jamaah calon haji ini umumnya di atas 51 tahun. Oleh karena itu kami terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan jamaah guna mengantisipasi lebih awal dengan melakukan pengobatan secara intensif," ujarnya.

Ia mengatakan, pemberangkatan para jamaah calo haji tersebut dijadwalkan akan dilepas 28 Agustus 2016 di Aula Kantor Bupati Buton sekitar pukul 07.30 Wita.

"Kemudian pada malam hari itu juga, para jamaah berangkat ke Makassar menggunakan kapal Pelni KM Dorolonda yang dijadwalkan tiba 29 Agustus 2016 dan langsung masuk Asrama Haji di Embarkasi Makassar.

Dari Embarkasi Makassar itu, lanjut dia, 30 Agustus sekitar pukul 12.10 Wita para jamaah calon haji akan berangkat ke Mekkah..

Ia juga minta jamaah calon haji itu agar menjaga kesehatan dan memperdalam ilmu yang berkaitan dengan manasik yang sudah diberikan karena tujuan Tanah Suci Mekkah itu dalam memenuhi penyempurnaan rukun Islam.

"Saya juga imbau agar jamaah memperhatikan kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan banyak meningkatkan ibadah, sehingga dalam pelaksanaan ibadah haji benar-benar menjadi haji yang mabrur," ujarnya.

Pewarta : Yusran
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024