Kendari (Antara News) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) akan melaksanakan imunisasi campak untuk daya tahan tubuh anak berusia 9 sampai 59 bulan pada 13 kabupaten/kota di daerah itu.

"Dari 17 kabupaten kota di Sultra, kami hanya akan melakukan imunisasi campak pada 13 daerah," kata Kepala Dinas Kesehatan Sultra, dr Asrum Tombili, di Kendari, Sabtu.

Ia mengatakan, 13 kabupaten itu adalah Kota Baubau, Kabupaten Kolaka Utara, Kabupaten BUton, BUton Selatan, Buton Tengah, Buton Utara, dan Kabupaten Bombana. "Selanjutnya di Kabupaten Muna, Konawe, Konawe Selatan, Konawe Kepulauan, Kolaka dan Kabupaten Kolaka Timur," katanya.

Menurut dia, alasan penetapan 13 daerah itu karena masuk kelompok resiko campak tinggi sehingga akan diberikan imunisasi dan pemberian vitamin A. "Kemudian ada lima daerah yang mendapatkan pemberian obat cacing yakni Kabupaten Kolaka Utara, Buton, Bombana, Konawe Kepulauan dan Muna Barat," katanya.

Disebutkan, imunisasi campak itu sendiri akan dilaksanakan selama Agustus 2016 secara serentak di seluruh Indonesia.

Imunisasi campak, tambah dia, akan bisa menjaga kekebalan tubuh anak terhadap indikasi penyakit campak yang bisa membahayakan tubuh.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024