Kendari (Antara News) - Kota Kendari meraih plakat penghargaan sebagai daerah yang memiliki Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) sampah terbaik nasional rahun 2016 dari Kementertian Kehutanan dan Lingkungan Hidup RI.

"Ini sebuah pengakuan nasional bahwa TPA Sampah Puuwatu Kendari sudah menjadi yang terbaik secara nasional dan menjadi referansi pengelolana sampah nasional," kata Wali Kota Kendari, Asrun, di Kendari di hadapan seluruh SKPD lingkup Kendari, Senin.

Dikatakan, penghargaan pengelola TPA sampah terbaik tersebut tidak menggunakan kategori kota metropolitan, kota besar, kota sedang atau kota kecil, tetapi penghargaan untuk seluruh Indonesia. "Tidak ada istilah kita mendapat kategori kota dalam penghargaan plakat TPA terbaik ini, tetapi kita yang terbaik se Indonesia," katanya.

Ia mengatakan, pihak KKLH memberikan penghargaan tersebut dengan berbagai pertimbangan dan kajian, salah satunya karena TPA Puuwatu selama ini sudah banyak dikunjungi oleh daerah di Indonesia untuk belajar cara pengelolaan TPA termasuk dair luar negeri. "Kita tidak bisa pugkiri, bahwa selama ini TPA kita banyak menerima kunjungan dari kabupaten lain di Indonesia hanya untuk belajar kelolah sampah," katanya.

Menurut dia, salah satu keistimewaan pengelolaan TPA Puuwatu Kendari karena mampu mengolah sampah menjadi energi listrik gas metan yang bisa digunakan sebagai bahan bakar genset untuk penerangan warga sekitar.

"Bukan hanya itu, dengan gas metan yang dihasilkan dari sampah tersebut bisa dialirkan langsung ke rumah warga Kampung Mandiri Energi untuk kebutuhan memasak," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024