Kendari (Antara News) - Pemerintah Kota Kendari siap memfasilitasi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) daerah itu agar produknya masuk atau dijual di swalayan atau supermarket.

"Salah satu tugas dari pemerintah adalah membantu pemasaran produk UMKM agar bisa masuk supermarket," kata Kepala Dinas Perindagkop dan UMKM Kendari Syam Alam di Kendari, Kamis.

Ia mengatakan agar bisa masuk di supermarket hasil produk UMKM itu harus memiliki syarat standar kualitas dan mutu. "Pelaku UMKM harus mengetahui aturan dari supermarket terhadap produk UMKM yang bisa masuk, contohnya seperti pada kemasan produk. Maka, syarat itulah yang kami coba fasilitasi untuk menyelesaikannya," katanya.

Menurut Syam Alam, pihaknya harus melakukan verifikasi terhadap UMKM yang dinilai layak untuk dipasarkan produknya di supermarket. "Kami akan memberikan pembinaan khusus agar produknya benar-benar mampu bersaing dan diterima oleh pasar," katanya.

Selain itu, kata Syam Alam, pihaknya akan membantu agar produk UMKM dapat memenuhi beberapa syarat legalitas untuk masuk ke supermarket seperti izin edar, BPOM, label Halal dan sebagainya.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024