Kendari (Antara News) - Ketua DPRD Kabupaten Wakatobi Muhammad Ali mengharapkan Ruda dan Ilmiati Daud selaku bupati-wakil bupati periode 2016-2021 tetap memprioritaskan pembangunan sektor pariwisata.

"Sebagai wakil rakyat, kami harapkan pembangunan sektor pariwisata yang telah dirintis oleh bupati sebelumnya, dapat dilanjutkan sehingga Wakatobi makin diminati oleh banyak wisatawan," katanya di Kendari, Rabu.

Menurut dia, wilayah Wakatobi yang berbatasan langsung dengan Laut Banda, tidak memiliki sumber daya alam kehutanan, pertambangan atau pertanian seperti daerah-daerah lain di Indonesia.

Potensi sumber daya alam yang tersedia secara memadai di Wakatobi kata dia, hanya potensi pariwisata dan sumber daya perikanan tangkap dan budi daya. "Wakatobi hanya bisa berkembang sejajar dengan daerah-daerah lain di Indonesia, manakala pemerintah setempat dapat memanfaatkan kedua potensi sumber daya alam tersebut secara optimal," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, bupati dan wakil bupati baru, A perlu memberi prioritas bagi pengembangan kedua sektor tersebut sehingga kesejahteraan masyarakat Wakatobi bisa membaik dari waktu ke waktu.

Menurut dia, selama sepuluh tahun dipimpin bupati Hugua, Wakatobi mencapai berbagai keberhasilan pembangunan, terutama sektor pariwisata yang luar biasa.

Melalui visi terwujudnya surga nyata bawah laut di pusat segi tiga karang dunia yang digagas Hugua, kata dia, Wakatobi menjadi terkenal hingga ke mancanegara. "Setiap tahun, rata-rata wisatawan mancanegara ke Wakatobi 10.000 hingga 15.000 kunjungan," katanya.

Pewarta : Agus
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024