Raha (Antara News) - PT Bank Sultra Cabang Muna menyosialisasikan penerimaan gaji pegawai lingkup Pemerintah Kabupaten Muna agar melalui rekening bank.
     Staf Bank Sultra Cabang Muna Athank di Raha Senin menjelaskan sisi baik jika menggunakan sistem ini bagi pegawai tidak harus bertatap muka dengan bendahara setiap bulannya, tetapi cukup dengan kepemilikan rekening Bank Sultra, maka secara otomatis gaji langsung bersarang dalam buku tabungan.
     "Efisiensi waktu pengganjian yang terpenting. Bendahara tidak banyak repot dengan bolak-balik ke bank. Bendahara cukup membawa lembaran perintah pencairan, maka hari yang sama pun gaji pegawai bisa disaksikan direkening," ujarnya.
     Hal positif lainnya juga, lanjut dia, keamanan gaji pegawai terjamin dan bendahara tidak ditakutkan aksi kriminalitas seperti tindakan perampokan di perjalanan saat membawa uang dari bank.
     "Kalau kita membawa uang dalam jumlah besar itu sangat rawan karena mengundang perhatian orang jahat. Kejadian seperti ini sudah pernah menimpa pegawai di daerah ini, sehingga kita harap tidak terulang lagi," ujarnya.
     Ia menjelaskan, bagi instansi yang menerapkan pelayanan sistem ini dapat dilakukan lewat bendahara, dengan melengkapi foto KTP para pegawai untuk mendapatkan rekening bank atau buku tabungan bank.
     "Ini sangat memudahkan sekali, pegawai akan menerima gaji tepat pada waktunya, dan gaji yang sudah kirimkan itu dapat juga ditarik melalui ATM di mana saja dan kapan saja. Asal tempat penarikan tersebut mencantumkan logo ATM bersama,” ujarnya.
     Menurut dia, penerimaan penghasilan gaji per bulan melalui rekening di lingkup Pemkab Muna sebelumnya sudah direalisasikan kepada pegawai SKPD di antaranya yakni Dinas PPKAD, Bappeda, BKD, Dinas Perindang dan Dinas Pertanian.
     "Kita berharap seluruh unit kerja di lingkup Pemkab Muna sudah bisa menerapkan sistem ini mulai Juli mendatang," ujarnya.
     Asisten I Setda Muna La Ode Arman Anwar menyambut gembira program sistem pembayaran gaji via rekening bank itu dan para pegawai juga cukup lama dinantikan karena banyak kemudahan.
     "Sejak saya pernah menjadi Dinas Pendapatan Daerah lima tahun lalu, hal ini sudah dicanangkan, dan Alhamdulillah tahun ini baru terealisasi. Saya sudah lama juga menunggu," ujarnya seraya menambahkan berdasarkan pengalaman selama terima gaji secara manual cukup rumit.
     Menurut dia, kegiatan sosialisasi ini merupakan kesempatan emas bagi pegawai, sehingga ia mengajak seluruh pegawai memanfaatkan fasilitas bank tersebut karena penting terutama bagi pegawai yang kebetulan membutuhkan duit di saat sedang berada di luar daerah.

Pewarta : Muhammad Ramadhan S
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024