Kendari (Antara News) - Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Nur Alam, mendorong aparat sipil negara (ASN) di lingkungan pemerintahan provinsi terus meningkatkan kualitas menghadapi era pasar bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).
"Untuk bisa eksis dan memiliki nilai dalam era pasar bebas MEA seperti saat ini, maka ASN harus lebih meningkatkan kualitas, kinerja dan kedisiplinan," kata Nur Alam di Kendari, Jumat.
Ia mengatakan, ASN harus lepas dari zona malas, jangan kerja monoton sehingga tidak memiliki kreativitas dalam bekerja.
"ASN harus mampu menyesuaikan diri dan berkompentisi di MEA. Jangan sampai menjadi penonton dan menjadi objek ekonomi global ini karena sifat kemalasan," kata Nur Alam.
Dia mengatakan, peningkatan SDM para PNS sangat penting untuk mendorong percepatan investasi, pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.
"PNS juga sebagai warga diharapkan ikut membantu pemerintah dalam mewujudkan masyarakat yang berdaya saing, maju dan sejahtera," kata Nur Alam.
Menurut dia, untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia ASN, pihaknya memberikan ruang kepada pegawai untuk menambah pengetahuan dan wawasannya melalui pendidikan formal maupun non formal.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024