Kendari (Antara News) - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Sulawesi Tenggara akan menggelar latihan ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Kendari, 21 Mei 2016.

Ketua Panitia Penyelenggara Latihan Ujian SBMPTN PDI Perjuangan Sultra, Ny Nurgana di Kendari, Senin, mengatakan kegiatan latihan masuk SBMPTN tersebut diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia.

"PDI Perjuangan menyelenggarakan kegiatan latihan ujian SBMPTN ini, sebagai wujud kepedulian partai terhadap lulusan sekolah menengah atas dan sederajat yang mau melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi," katanya.

Menurut dia, penyelenggaraan latihan ujian SBMPTN tersebut merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan PDI Perjuangan dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun ke-43 PDI Perjuangan dan bulan Bung Karno pada 1 Juni 2016.

Kegiatan lain yang dilaksanakan dalam rangkaian memperingati HUT ke-43 PDI Perjuangan tersebut, antara lain Lomba Banteng Musik Festival, Lomba Paduan Suara dan Lomba Bakar Ikan serta Lomba Kesekretariatan.

"Lomba Banteng Musik Festival dan Paduan Suara digelar sebagai wujud kepedulian PDI Perjuangan dengan kalangan anak muda, sedangkan Lomba Bakar Ikan untuk memotivasi masyarakat agar gemar makan ikan," ujarnya.

Menurut dia, sejak pendaftaran peserta latihan ujian secara gratis itu dibuka 10 Mei 2016, sudah rantusan calon mahasiswa yang mendaftarkan diri ikut latihan ujian SBMPTN tersebut. "Kami memperkirakan latihan ujian SBMPTN yang baru pertama kali digelar PDI Perjuangan ini, bisa diikuti kurang lebih 200 hingga 300 orang peserta," katanya.

Menurut dia, panitia pusat penyelenggaraan SBMPTN dalam menyusun soal-soal latihan ujian SBMPTN tersebut bekerja sama dengan pihak Ditjen Pendidikan Tinggi.

Setelah selesai latihan ujian kata dia, peserta dapat membawa soal-soal latihan dilengkapi dengan kunci jawaban dan cara penyelesaiaan soal untuk mata pelajaran Matematika, Fisika dan Kimia. "Soal-soal yang diujikan dalam latihan tersebut tidak akan berbeda jauh dengan soal-soal SBMPTN yang akan digelar oleh Ditjen Dikti pada 31 Mei 2016," katanya.

Pewarta : Agus
Editor :
Copyright © ANTARA 2024