Kendari (Antara News) - Legislator DPRD Kabupaten Konawe Kepulauan, Haryanto mendorong pendirian Puskemas Terpaung di kabupaten itu oleh pemerintah setempat.

"Sebagai kabupaten kepualuan yang sebagian besar warganya bermukim di wilayah-wilayah pesisir Pulau Wawonii, keberadaan Puskesmas Terapung sangat butuhkan," katanya di Kendari, Jum`at.

Dengan Puskesmas Terapung kata dia, pelayanan kesehatan masyarakat di wilayah-wilayah pesisir Pulau Wawonii bisa lebih masikmal sehingga derjat kesehatan masyarakat Konawe Kepulauan bisa membaik dari waktu ke waktu.

Menurut dia, fasilitas dasar yang juga mendesak dan menjadi kebutuhan utama masyarakat Konawe Kepulauan adalah sarana kesehatan berupa rumah sakit dan Puskemas. "Rata-rata warga desa pesisir di Pulau Wawonii terutama di bagian selatan, timur dan tenggara, sangat merindukan ketersediaan fasilitas kesehatan termasuk petugas kesehatan seperti dokter, bidan dan perawat," katanya.

Kabupaten Konawe Kepulauan menjadi daerah otonom baru atau mekar dari kabupaten induk, Kabupaten Konawe pada Mei 2013.

Warga di kabupaten tersebut yang menderita sakit, harus berjuang melalui transportasi laut menggunakan kapal kayu dengan waktu tempuh delapan hingga sembilan jam mencapai Puskesmas Langara di ibukota Kanawe Kepulauan.

Bagi pasien yang menderita penyakit serius maka harus dirujuk ke rumah sakit di Kota Kendari, ibu kota Provinsi Sultra yang membutuhkan waktu tempu kurang lebih 12 jam melalui kapal laut. "Kalau di laut bergelombang tinggi disertai angin kencang, maka warga yang sakit hanya pasrah karena berjuang menuju rumah sakit atau puskesmas pun menumpang kapal laut, juga mempertaruhkan nyawa," kata Haryanto.

Pewarta : Agus
Editor :
Copyright © ANTARA 2024