Kendari (Antara News) - Pemerintah Kota Kendari berencana membangun tugu Adipura dan Adipura Kencana pada tahun 2017 mendatang.

"Kita sudah meraih Piala Adipura selama lima kali berturut-turut dan Piala Adipura Kencana selama dua tahun terakhir berturut-turut. Saatnya kita buat monumen adipura," kata Wali Kota Kendari, Asrun di Kendari, Senin.

Ia mengatakan, pembangunan tugu Adipura sebagai simbol bahwa Kota Kendari berhasil menjadi daerah terbersih yang dibuktikan sebagai satu-satunya kota sedang di Indonesia yang meraih adipura kencana tahun 2015. "Ada daerah yang baru sekali meraih adipura langsung membangun tugu adipura karena menjadi simbol pernah meraih adipura, kalau kita sengaja diakhir-akhir setelah kita berkali-kali meraih adipura," katanya.

Dia mengatakan, tugu adipura tersebut akan dibangun pada salah satu perempatan yang ada di Kota Kendari yang bisa dilihat pertama ketika orang berkunjung di Kota Kendari. "Tahun ini kita sudah programkan pembangunan tugu adipura tersebut untuk anggaran 2017," ujarnya.

Menurut dia, keberhasilan Kendari meraih adipura dan adipura kencana merupakan sebuah prestasi dan kebanggaan karena awalnya banyak orang yang tidak percaya bahwa Kendari bisa meraih predikat itu. "Karena sebelum saya menjabat wali kota Kendari, tahun 2005-2006 hasil penilaian adipura secara nasional saat itu Kendari berada diperingkat 56 dari 60 kota. Tetapi sekarang kita balik menjadi yang terbaik," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024