Kendari (Antara News) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengajak warga daerah itu menyukseskan Pekan Imunisasi Nasional Polio tahun 2016.

"Pekan Imunisasi Nasional (PIN) untuk mencegah penyakit polio akan diselenggarakan mulai 8 hingga 15 Maret mendatang," kata Kepala Dinas Kesehatan Sultra, Asrum Tombili di Kendari, Selasa.

Ia mengatakan, khusus untuk Sultra pencanangan PIN Polio 2016 akan dilakukan di Kabupaten Kolaka Timur.

"Tetapi akan serentak dilakukan di seluruh SUltra pada titik-titik layanan PIN yang sudah disiapkan oleh pemerintah kabupaten kota," kata Asrum.

Asrum mengimbau masyarakat membawa balita atau anak usia 0-59 bulan ke pos PIN terdekat di wilayah tempat tinggal masing-masing.

Menurut dia, imunisasi adalah upaya pencegahan anak terserang polio, maka orang tua harus aktif membawa anaknya ke pos PIN yang menyediakan vaksin secara gratis.

"Tentang imunisasi diatur dalam Undang-Undang Kesehatan Nomor 36 Tahun 2009 yang menyebutkan setiap anak berhak memperoleh imunisasi dasar sesuai dengan ketentuannya untuk mencegah terjadinya penyakit. Pemerintah wajib memberikan imunisasi lengkap kepada setiap bayi dan anak," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024