Andoolo  (Antara News) - Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Tenggara melakukan sosialisasi terkait pencegahan kanker serviks dan kanker payudara kepada perempuan produktif di daerah itu.

Kegiatan tersebut dilakukan di Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan, Jumat, yang dirangkaikan dengan peringatan hari kanker sedunia 2016 tingkat provinsi Sultra.

Ketua TP PKK Sultra Tina Nur Alam mengatakan, saat ini perempuan tidak perlu malu untuk melakukan deteksi dini terhadap kanker serviks.

"Caranya, dengan meningkatkan kesadaran diri untuk memeriksa secara rutin. Dengan demikian dapat terhindar dari penyakit tersebut," kata anggota Komisi VI DPR RI dapil Sultra ini.

Menurut Tina, pemeriksaan secara rutin bisa dilakukan, apalagi pemerintah telah menggratiskan bagi masyarakat pemilik Jamkesda maupun BPJS.

"Lebih jauh, kaum hawa kini sudah dapat mempertimbangkan pengujian medis untuk deteksi dini kanker serviks, dengan Inspeksi Visual menggunakan Asam Asetat atau IVA test," katanya.

Tina juga mengimbau kepada perempuan Sultra agar menerapkan pola hidup sehat dan cerdik dengan menghindari asap rokok, menjaga pola hidup sehat, rajin beraktivitas atau berolahraga, diet sehat dan seimbang dan mampu mengendalikan stres. 

Pewarta : Suparman
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024