Kendari  (Antara News) - Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai tahun ini menaikkan honor para ketua RT dan ketua RW sebesar 100 persen dari honor sebelumnya.

"Tahun ini, insentif para ketua RT dan RW dinaikkan karena mereka merupakan ujung tombak atau paLing terdepan dalam pelayanan di tingkat paling bawah," kata Wali kota Kendari, Asrun, di Kendari saat sosialisasi program SMS Gateway pelayanan Pembayaran PBB, di Kendari, Selasa.

Menurut dia, keberadaan para ketua RT dan ketua RW selama ini sangat membantu pemerintah kota dalam melakukan penagihan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) atau pun bentuk retribusi lainnya di pemukiman masyarakat.

"Pada tahun sebelumnya kita hanya memberikan insentif Rp100.000 per bulan, sekarang diberi insentif Rp200.000 per bulan," kata Asrun.

Asrun mengaku, honor yang diberikan itu tidak seberapa nilainya dibanding dengan pengabdian para ketua RT dan ketua RW dalam membantu pemerintah di masyarakat.

"Tetapi itu harus dinilai sebagai bentuk perhatian. Dan kita berharap para ketua RT dan RW senantiasa membantu pemerintah dalam pelayanan masyarakat di garda terdepan," katanya.

Dikatakan, perolehan PBB akan mendekati 100 persen dari target jika semua RT dan RW berperan maksimal, karena yang paling mengetahui keadaan warga adalah RT dan RW.

Pewarta : Suparman
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024