Kolaka (Antara News) - Pemerintah Kabupaten Kolaka akan mengusulkan kepada DPR RI untuk menaikan status kabupaten tersebut menjadi daerah otonomi baru (DOB) Kota Kolaka.

Bupati Kolaka Ahmad Safei  kepada wartawan di Kolaka Selasa mengatakan Kolaka merupakan salah satu kabupaten tertua di Sultra belum pernah melakukan pengusulan kenaikan status daerah itu menjadi kotamadya.

Kolaka ini salah satu kabupaten tertua di Sultra, sehingga wajar kalau kita mengusulkan untuk menjadi kotamadya," katanya.

Untuk itu, kata dia, pihaknya kini melakukan beberapa pembangunan infrastruktur yang menunjang, khususnya di sektor jasa, sehingga saat pengusulan menjadi daerah kota tidak ada masalah lagi.

"Fokus pembangunannya saat ini berada dalam kota dengan membuka beberapa akses jalan serta infrastruktur lainnya," ungkap Safei.

Tahun 2016, lanjut mantan Sekda Kolaka ini, akses jalan melingkar yang menghubungkan dua kelurahan yakni Kelurahan Sakuli dan Watuliandu serta pembangunan gedung sekolah setingkat SMP di daerah itu.

Begitu juga di wilayah Sabilambo, lanjut dia, pihak Pemerintah Kabupaten Kolaka juga akan membuka akses jalan melingkar hingga jalur bypass agar kendaraan roda empat khususnya truk tidak melewati jalan dalam kota.

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024