Kendari  (Antara News) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sulawesi Tenggara siap membantu memasarkan hasil kerajinan anyaman dari perajin yang tersebar pada kabupaten kota di daerah itu.

"Harapan kami para pengrajin tinggal meningkatkan kualitas produksi, sedangkan untuk pemasaran akan menjadi tanggungjawab bersama. Melalui Dekranasda Sultra kami akan memasarkan setiap produk yang dihasilkan," kata Ketua Dekranasda Sultra, Tina Nur Alam di Kendari, Selasa.

Ia mengatakan, kerajinan anyaman Sultra memiliki keunikan tersendiri karena dipadukan dengan motif daerah.

"Agar produk kerajinan anyaman diminati pasar, yang harus dilakukan adalah peningkatan kualitas produk dan sesuai dengan keinginan pasar," kata Tina yang merupakan anggota Komisi VI DPR RI ini.

Menurut dia, kualitas produk akan ditentukan dengan sumber daya manusia para perajin yang harus terus diasah dan ditingkatkan.

"Kami akan berusaha mendatangkan para instruktur atau pelatih dari Pulau Jawa untuk melatih para perajin kita," katanya.

Dia menjelaskan, Dekranasda merupakan wadah berhimpunnya segenap pemangku kepentingan seni kerajinan, tujuannya yakni menggali, melestarikan dan mengembangkan warisan budaya bangsa serta membina penemuan dan penggunaan teknologi baru.

"Kemudian untuk meningkatkan dan menanamkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya seni kerajinan bagi kehidupan sehari-hari," katanya. 

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024