Kendari  (Antara News) - Bupati Konawe, Sulawesi Tenggara Kery Saiful Konggoasa meminta masyarakat setempat sadar data guna menyukseskan Sensus Ekonomi 2016 (SE2016) di daerah itu.

"Saya minta semua elemen masyarakat, pelaku usaha dan instansi terkait agar sadar data sehingga SE 2016 berjalan dengan baik karena akan membawa daerah ini ke arah yang lebih baik," kata Kery, di Kendari, Jumat.

Kery berharap agar pelaku ekonomi dapat memberikan data yang riil kepada petugas sensus.

"Jangan sampai memberikan data ekonomi yang palsu karena akan memberikan dampak yang buruk bagi pembangunan dan pertumbuhan ekonomi daerah ke depan," katanya.

Menurut Kery, sensus ekonomi yang dilaksanakan Badan Pusat Statistik (BPS) akan menghasilkan data yang akurat.

"Keakuratan data itu bisa dijadikan sebagai acuan dalam menyusun perencanaan, menetapkan program dan kebijakan di bidang ekonomi," ujarnya.

Kery mengatakan jika data yang dihasilkan nanti dalam SE2016 akurat, maka pemerintah dan pengamat ekonomi mampu memprediksikan pembangunan ke depan dalam jangka panjang.

Sensus ekonomi digelar Badan Pusat Statistik Konawe pada Mei 2016, sensus tersebut mencakup semua pelaku usaha di daerah itu yang akan menjadi responden.

Pewarta : Suparman
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024