Kolaka (Antara News) - Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Kolaka melakukan pembenahan terhadap drainase dan saluran air guna mengantisipasi dampak musim hujan di daerah itu.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Kolaka Wardi di Kolaka, Jumat mengatakan pihaknya bersama instansi terkait telah mengerahkan seluruh personil dan alat berat yang ada untuk melakukan pengerukan dan pembenahan saluran air.

"Sebelum memasuki musim hujan tahun ini, kita benahi semua saluran yang dianggap rawan terjadi genangan air dan banjir," katanya.

Selain itu, kata dia, pihaknya melakukan pembersihan di sepanjang aliran sungai agar tidak terjadi penumpukan sampah, sehingga arus air sungai itu bisa berjalan lancar. "Kalau pengerukan aliran sungai dilakukan pihak Dinas Pekerjaan Umum dengan menggunakan alat berat," ujarnya.

Menurut Wardi, ada beberapa wilayah yang rentan terjadi banjir akibat buruknya saluran pembuangan warga, sehingga harus dilakukan pengerukan baik secara manual maupun dengan alat berat. "Kami melakukan pembenahan semua saluran air agar nantinya ketika musim hujan aliran air bisa berjalan lancar.

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor :
Copyright © ANTARA 2024