Kendari (Antara News) - Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan siap mencetak sawah baru seluas 3.250 hektare dengan anggaran dari Kementerian Pertanian pada 2016.

"Cetak sawah itu untuk mempertahankan produksi pertanian di Konawe Selatan sebagai sentra produksi padi di Sultra," kata penjabat Bupati Konawe Selatan Irawan Laliasa di Kendari, Selasa.

Ia mengatakan kegiatan perluasan atau pencetakan sawah baru tersebut dilakukan oleh kelompok tani sedangkan dananya disiapkan pemerintah pusat.

"Semua kegiatan perluasan atau pencetakan sawah baru, mulai dari perencanaan, dikerjakan sepenuhnya oleh kelompok tani," katanya.

Menurut Irawan, bantuan itu bertujuan untuk memanfaatkan potensi persawahan di daerah itu yang belum tergarap oleh kelompok tani selama ini karena keterbatasan kemampuan anggaran para petani untuk melakukan pencetakan sawah baru.

"Bantuan itu juga merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap para petani sawah di Konawe Selatan, agar bisa memperluas areal tanam mereka dengan cara membuka perluasan areal persawahan yang baru," katanya.

Irawan berjanji pada tahun-tahun selanjutnya, pihaknya tetap akan memberikan bantuan kepada kelompok tani setempat untuk melakukan pembukaan atau perluasan areal persawahan di daerah itu.

Dengan bantuan tersebut diharapkan seluruh potensi perluasan sawah tergarap maksimal.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024