Kendari   (Antara News) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Tenggara mengapresiasi keputusan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terkait dengan peningkatan jalan lingkar Pulau Wangiwangi, Ibu Kota Kabupaten Wakatobi menjadi jalan nasional.

"Sebagai wakil rakyat, saya memberi apresiasi kepada Kementerian PU dan Perumahan Rakyat yang telah meningkatkan status jalan provinsi di kabupaten tersebut menjadi jalan nasional," kata Wakil Ketua  DPRD Sultra Nursalam Lada di Kendari, Kamis.

Ia mengatakan dengan peningkatan status jalan lingkar Wangiwangi tersebut menjadi jalan nasional, maka seluruh pembiayaan pemeliharaan dan perbaikan ruas jalan menjadi tanggung jawab pemerintah pusat.

Hal itu, katanya, membuat tanggung jawab Pemerintah Provinsi Sultra yang selama ini menyangkut pemeliharaan dan perbaikan jalan lingkar Pulau Wangiwangi sudah diambil alih oleh pemerintah pusat.

"Ujung jalan provinsi di Kabupaten Wakatobi yang dijadikan jalan nasional itu berawal dari Bandara Matahora dan berakhir di Matahora pula," katanya.

Ia mengatakan panjang ruas jalan lingkap Pulau Wangiwangi tersebut kurang lebih 48 kilometer.

Selama ini, kata dia, ruas jalan provinsi itu kondisinya tidak pernah bagus karena dana APBD Provinsi Sultra untuk memperbaiki kerusakan jaln tersebut terbatas.

Dia mengharapkan dengan status jalan nasional, kondisi ruas jalan lingkar Wangiwangi sudah bisa lebih baik sehingga para wisatawan yang melewati jalan tersebut dapat merasakan kenyamanan.

Pewarta : Agus
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024